SOCIAL MEDIA DAN TEKNOLOGI-TEKNOLOGI PENDUKUNG

Nama: Putu Pradiptha Dwipayani
NIM: 2005551036
Prodi/Fakultas/Universitas: Teknologi Informasi/Teknik/Udayana
Mata Kuliah: Aplikasi Social Media (B)
Dosen: I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.

Heyo teman-teman semua selamat datang lagi di blog saya. Pada postingan kali ini, saya akan membagikan pembahasan materi Aplikasi Social Media khususnya mengenai Social Media dan Teknologi-Teknologi Pendukung. Yuk, kita mulai. Selamat membaca 😉

Teknologi diterapkan dalam hampir segala sesuatu yang kita lakukan dalam hidup kita. Tentunya teknologi tersebut juga diterapkan pada social media. Di dalam social media terdapat banyak teknologi pendukung yang mendukung berjalannya suatu sistem social media tersebut.

Nah, kira-kira apa saja ya teknologi pendukung social media? Teknologi pendukung social media mencakup hardware, software, sistem/sistem komputer, jaringan komputer, sistem operasi, keamanan sistem, dan lain-lain. Berikut penjabaran masing-masing teknologi pendukung tersebut.

1. HARDWARE

Hardware (perangkat keras) merupakan peralatan fisik yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Dengan kata lain, segala peralatan yang mempunyai bentuk fisik, dapat dipegang dan berkaitan dengan sistem komputer dapat digolongkan ke dalam hardware. Pada social media, hardware meliputi firewall, data center, sensor, dan lain-lain.

  1. Firewall adalah pelindung sistem jaringan komputer dan perangkat lainnya yang berguna untuk melindungi ancaman-ancaman atau konten yang berbahaya dari komputer luar.
  2. Data Center merupakan sebuah fasilitas yang dimanfaatkan atau dikelola untuk kebutuhan sistem dan komponen-komponen komputer, seperti penyimpanan data dan telekomunikasi.
  3. Sensor ialah perangkat yang digunakan untuk mendeteksi adanya perubahan lingkungan fisik atau kimia.

2. SOFTWARE

Software (perangkat lunak) adalah suatu bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak dapat dilihat ataupun dipegang karena merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer berupa program yang dapat menjalankan suatu perintah. Software dalam social media meliputi bahasa pemrograman, library/pustaka, IDE, algoritma, database/DBMS.

  1. Bahasa Pemrograman adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu.
  2. Library/Pustaka adalah kumpulan fungsi yang telah ada pada compiler untuk memudahkan pemrogram membuat program.
  3. IDE (Integrated Development Environment) adalah sebuah software aplikasi yang memberikan fasilitas kepada programmer ketika membuat program.
  4. Database/DBMS (Database Management System) merupakan software yang dirancang khusus untuk mengelola suatu database dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta oleh banyak pengguna.

3. SISTEM KOMPUTER

Sistem Komputer adalah ​​ kumpulan perangkat-perangkat komputer yang saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain untuk melakukan proses pengolahan data yang mendukung kinerja social media di dalam melayani penggunanya di seluruh dunia. Perangkat yang terdapat pada sistem komputer diantaranya​​ hardware​​,​ software ,​​ dan​​ brainware.

Perangkat tersebut memiliki fungsinya masing-masing pada sistem komputer, pada saat beroperasipun ketiganya saling bergantung dan saling mendukung satu sama lain, seperti​​ hardware​​ tidak dapat berinteraksi dengan​​ brainware​​ tanpa​​ software​​ dan juga sebaliknya.

4. JARINGAN KOMPUTER

Jaringan Komputer adalah jaringan yang memungkinkan dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain yang digunakan untuk berbagi data. Jaringan komputer mencakup internet, cloud computing, IOT, SDN, dan komputasi paralel.

  1. Internet adalah sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet (TCP/IP) untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia.
  2. Cloud Computing merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna.
  3. IOT (Internet of Things) adalah suatu konsep dimana objek tertentu punya kemampuan untuk mentransfer data lewat jaringan tanpa memerlukan adanya interaksi dari manusia ke manusia ataupun dari manusia ke perangkat komputer.
  4. SDN (Software Define Network) adalah sebuah konsep pendekatan jaringan komputer dimana sistem pengkontrol dari arus data dipisahkan dari perangkat kerasnya.
  5. Komputasi Paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan.

5. SISTEM OPERASI

Sistem Operasi merupakan sekumpulan perangkat yang dimiliki komputer dan saling berkaitan satu dengan yang lain serta berinteraksi untuk menjalankan proses dalam pengolahan data untuk menghasilkan sebuah informasi.

Sistem operasi terbagi menjadi sistem operasi pada komputer dan sistem operasi pada perangkat mobile. Sistem operasi komputer diantaranya Windows, Linux, Mac OS, DOS, hingga Unix. Sistem operasi perangkat mobile diantaranya Android, iOS, Windows Phone, hingga Symbian.

6.  KEAMANAN SISTEM

Keamanan Sistem merupakan suatu sistem yang mengkondisikan komputer agar terhindar dari berbagai resiko atau masalah yang berfungsi memberikan kenyamanan kepada pengguna social media dan menjaga privasi serta data-data di dalamnya. Keamanan sistem meliputi firewall, cloud computing (terutama IAAS), IDS, SDN, enkripsi, dan SSL.

  1. IDS (Intrusion Detection System) adalah sebuah metode yang dapat digunakan untuk mendeteksi aktivitas yang mencurigakan dalam sebuah sistem atau jaringan.
  2. Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus.
  3. SSL (Secure Socket Layer) adalah sebuah standar teknologi yang digunakan untuk membangun koneksi terenkripsi antara webserver (website) dengan client (browser).

Nah, teman-teman itu dia pembahasan singkat mengenai teknologi pendukung pada social media. Sekian pembahasan saya kali ini. Have a nice day, guys!

Referensi

Pemaparan materi pertemuan keenam tentang “Social Media dan Teknologi-Teknologi Pendukung” oleh I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-firewall-fungsi-cara-kerja-manfaat-keunggulannya/
https://kenmahdi.wordpress.com/2013/02/18/apa-itu-integrated-development-environment-ide/
https://www.teknik.unpas.ac.id/blogs/apa-itu-sistem-komputer/
https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-cloud-computing-defenisi-fungsi-dan-cara-kerja/
https://www.dewaweb.com/blog/internet-of-things/
https://tekno.foresteract.com/sistem-operasi/

Capture Kehadiran

Diterbitkan oleh tatanofera

Seorang mahasiswi gabut yang sedang berjuang menjalani hari-hari perkuliahan.

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai